Jangan Cemas, Inilah Tips Pemulihan Operasi Usus Buntu agar Cepat Membaik

 

Penanganan apendisitis berupa operasi memang membutuhkan masa pemulihan yang tidak sebentar. Agar segera sembuh, diperlukan perhatian pada kondisi tubuh dan luka bekas operasi. Faktanya, sebagian besar pasien masih membutuhkan obat penghilang rasa sakit setelah operasi, sedangkan yang lainnya hanya cukup mengonsumsi obat antibiotik saja. Selain dengan mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, pemulihan operasi usus buntu bisa dilakukan dengan berbagai hal di bawah ini.

  1. Menjaga Jahitan agar Tetap Bersih

Sebagian pasien akan cemas usai operasi karena harus melalui masa pemulihan yang tentu tidak sebentar dan masih rawan untuk melakukan aktivitas normal. Perlu kehati-hatian dalam melakukan sesuatu dan sifatnya terbatas. Artinya, terdapat pembatasan gerak untuk pasien pasca operasi usus buntu ini. Dalam masa pemulihan ini, pasien juga harus melakukan perawatan terhadap luka dari operasi yang dilakukan agar tetap bersih.

Cara perawatan yang baik adalah memastikan untuk menjaga area bekas jahitan tetap bersih. Jangan lupa untuk memperhatikan apakah terdapat tanda-tanda infeksi. Jika terdapat gejala kemerahan atau pembengkakan di area luka operasi tersebut, Silahkan hubungi dokter yang sebelumnya menangani Anda saat operasi. Selain itu, infeksi luka juga bisa terjadi jika Anda merasa sakit atau mengalami demam dengan suhu lebih dari 38°C.

  1. Istirahat Cukup

Pemulihan operasi usus buntu cepat dilalui jika Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Penuhilah kebutuhan tidur agar luka operasi, baik di bagian luar, maupun di bagian dalam, bisa segera sembuh. Tidur di waktu yang tepat atau tidak larut malam adalah anjuran yang harus dipenuhi agar kondisi segera membaik.

  1. Membatasi Aktivitas Berat atau Berlebihan

Melakukan aktivitas berat atau yang berlebihan juga harus dihindari atau dibatasi sesuai dengan kemampuan Anda. Seiring berjalannya waktu, luka operasi bisa cepat sembuh jika Anda menghindari aktivitas berat dan membatasi dalam beraktivitas. Hal ini sangat penting bagi Anda agar luka operasi tidak terbuka atau robek.

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih sangat penting bagi setiap orang, terlebih bagi orang yang baru saja mengalami operasi apendisitis. Memperbanyak konsumsi air putih akan sangat membantu penyembuhan luka dalam dan luar. Hal ini terjadi karena air putih yang cukup akan mampu melancarkan sistem metabolisme tubuh, termasuk sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, feses tidak akan keras, sehingga tidak menimbulkan sembelit. Proses BAB akan lancar dan membantu proses pemulihan operasi usus buntu, tanpa harus sakit saat BAB.

  1. Menghindari Makanan Berlemak, Asam, dan Pedas

Setelah mengalami operasi apendisitis, pemulihan akan lebih efektif dengan membatasi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Anda perlu menghindari makanan yang berlemak selama beberapa hari pertama setelah operasi karena makan tersebut bisa menyebabkan diare atau rasa mual. Makanan yang asam dan pedas juga perlu dihindari sementara waktu agar tidak menyebabkan diare. Makanan pedas juga mengandung biji cabai yang tidak baik untuk usus.

  1. Jangan Mengenakan Pakaian yang Kasar dan Ketat

Persoalan pakaian juga harus diatur untuk mempercepat proses pemulihan operasi usus buntu. pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman. Hindarilah pakaian yang ketat agar tidak menekan luka bekas operasi. Tak hanya itu, pakaian yang permukaannya kasar juga tidak diperbolehkan demi menjaga agar tidak menimbulkan goresan di area luka operasi.

Berbagai tips di atas sangat membantu mengefektifkan masa pemulihan pasca operasi apendisitis. Banyak hal yang perlu dibatasi agar dapat kembali sembuh seperti sedia kala dan melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Untuk itu, bersabarlah dan lakukan tips di atas demi kesehatan tubuh.

 

Sumber Artikel:

hellosehat.com

www.alodokter.com

 

Sumber Gambar:

www.kompasiana.com

www.hipwee.com

www.alodokter.com

 

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*